Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Tanpa Factory Reset

Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Tanpa Factory Reset. Mengamankan smartphone menggunakan kunci merupakan suatu keharusan karena untuk mengamankan smartphone kamu dari tangan lain. Pada smartphone Android ada beberapa sandi yang tersedia seperti pola, kombinasi angka dan huruf (password), PIN, atau sensor fingerprint.



Tidak tahu bagaimana ceritanya banyak pengguna smartphone bisa lupa dengan sandi yang sudah ditentukan sebelumnya oleh pengguna sendiri. Hal ini menyebabkan perangkat Android pun jadi tidak bisa di buka alias terkunci. Sebenarnya ada beberapa cara untuk membuka smartphone yang lupa kata sandi tanpa menggunakan factory reset tentunya.

Cara yang paling ampuh untuk Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Sejauh Ini

1. Menggunakan Android Device Manager

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan Android Device Manager. Anda bisa menggunakan browser di smartphone Android teman kamu atau menggunakan komputer untuk mengakses layanan tersebut. Untuk ini kamu harus masuk dengan akun Google yang sama dan juga smartphone terhubung dengan internet.


Kemudian buka link Android Device Manager dan di situ ada tiga pilihan yaitu Deringkan, Kunci, atau Hapus. kemudian silahkan pilih Kunci atau Lock. Apabila Android Device Manager mengalami kesulitan dalam menemukan perangkat kamu, silahkan klik tombol refresh browser beberapa kali sampai ketemu.

Kemudian masukan sandi baru karena sandi ini yang akan menggantikan pola atau PIN atau password lama tadi. Silahkan masukan password baru dua kali untuk mengonfirmasi pilihan kamu, lanjutkan dengan mengeklik tombol Lock. Silahkan tunggu setidaknya 5 menit dan jika sudah 5 menit seharusnya kamu sudah bisa membuka smartphone yang terkunci dengan password baru.

2. Gunakan Samsung Find My Mobile

Jika cara yang pertama tidak berhasil dan kebetulan juga ponsel yang lupa sandi menggunakan perangkat Samsung. Hal ini bisa juga mencoba layanan yang serupa seperti Android Device Manager khusus dari Samsung yakni Find My Mobile. Caranya adalah dengan membuka link Find My Mobile dari browser kemudian login ke akun Samsung. Perlu di ingat ya,jika belum pernah mengatur akun Samsung, metode ini tidak akan bekerja.


Jika kamu sudah login ke akun Samsung, silahkan klik tombol Lock my screen di panel sebelah kiri. Kemudian masukkan PIN baru dan juga klik tombol Lock. Dalam waktu antara satu atau dua menit, sandi lockscreen seharusnya sudah di ubah ke PIN yang baru, yang baru di masukkan.

3. Gunakan Fitur Forgot pattern

Jika perangkat yang di gunakan masih menggunakan Android 4.4 KitKat atau lebih rendah, bisa di coba menggunakan fitur Forgot pattern. Jika sudah gagal 5x , akan melihat pesan yang mengatakan "Coba lagi dalam 30 detik". Nah silahkan kamu pilih Forgot pattern, yang terletak di bagian bawah layar.


Fitur ini ada dua metode yang tersedia, yang pertama adalah menjawab pertanyaan keamanan atau masuk dengan akun Google kamu, dan yang kedua adalah Google akan mengirimkan email dengan pola pembuka kunci dan juga kamu dapat mengubahnya pada saat itu.

4. Gunakan ADB untuk Menghapus Password

Cara berikutnya untuk membuka HP yang lupa kata sandi atau pola adalah dengan menggunakan ADB, Tetapi perlu di ingat, cara ini hanya akan bekerja jika sebelumnya kamu telah mengaktifkan USB Debugging dan juga memiliki komputer atau laptop yang sudah pernah kamu hubungkan dengan smartphone melalui ADB tentunya. Apabila sudah pernah melakukan root atau install kustom ROM pasti sudah tak asing lagi dengan proses ini.


Silahkan mulai dengan menghubungkan smartphone ke komputer dengan kabel data, lalu buka jendela command prompt di direktori instalasi ADB. Silahkan ketik perintah berikut "adb shell rm /data/system/gesture.key" kemudian tekan Enter.

Lalu reboot smartphone tersebut jika sudah di rebot seharusnya lockscreen sudah tidak minta sandi lagi. Namun hal ini hanya sementara dan pastikan kamu menetapkan sandi baru sebelum melakukan proses reboot berikutnya.

5. Gunakan Safe Mode

Seperti yang sudah kita tahu, banyak sekali aplikasi pengaman lockscreen di Android. Ada aplikasi yang mengesankan karena mampu mengubah sandi sesuai dengan kombinasi jam dan menit juga tanggal, sampai status baterai, wow sangat mengesankan. Tetapi kadang ada bug dan tiba-tiba kamu sudah tidak masuk ke smartphone kamu.



Hmmm, jika masalahnya datang dari aplikasi pihak ketiga, hal ini bisa di coba dengan melakukan boot ke Safe Mode. Beragam cara, tergantung dari jenis dan merek smartphone kamu. Anda bisa browsing untuk menemukan kombinasi yang sesuai untuk masuk ke Safe Mode smarpthone kamu.

Jika sudah berhasil masuk ke Safe Mode, kunci layar dari aplikasi pihak ketiga yang sementara akan dinonaktifkan. Kamu dapat langsung menguninstall aplikasi tersebut dan kemudian reboot smartphone kamu untuk keluar dari Safe Mode.

6. Bikin Crash Lockscreen

Cara seperti ini memanfaatkan bug pada smartphone yang menjalankan Android 5.0-5.1.1 Lollipop. Jika tidak menggunakan itu metode seperti ini tidak akan dapat bekerja. Pertama, tekan Panggilan Darurat yang muncul di layar kunci. Kemudian silahkan gunakan antarmuka dialer dan lanjut masukkan 10 tanda bintang. Kemudian lanjut ketuk dua kali untuk menyorot teks yang kamu masukkan dan pilih copy. Silahkan ulangi lagi lalu pastekan di situ sampai jumlah karakter bintangnya menjadi dua kali lipat. Ulangi proses ini, copy dan paste untuk menambahkan lebih banyak karakter sampai pada batasnya.



Lanjut kembali ke layar kunci dan membuka shortcut kamera. Kemudian tarik jendela notifikasi lalu tekan ikon Settings, maka kamu akan diminta untuk memasukkan password. Lalu tekan yang lama pada kolom input dan kemudian pilih paste, ulangi proses ini sampai beberapa kali hingga kunci layar akan crash yang memungkinkan kamu untuk mengakses seluruh antarmuka smartphone.

7. Lakukan Factory Reset

Jika cara di atas sudah di lakukan dan tidak dapat bekerja juga. Cara terakhir adalah dengan melakukan Factory Reset. Hal ini akan menghilangkan semua data yang tersimpan di memori internal kamu. Factory Reset adalah cara membuka HP yang lupa kata sandi atau pola paling ampuh.



Untuk masuk ke proses Recovery Mode ini sangat bervariasi tergantung pada jenis dan merek smartphone. Cukup mudah kok, kamu tinggal browsing di internet. Nah biasanya cara seperti ini dimulai dengan mematikan smartphone lalu menyalakannya, ketika layar hitam pergi, tekan tombol power dan tahan volume bawah secara bersamaan untuk masuk ke "Recovery mode".

Di sini gunakan tombol volume untuk menyorot pilihan Wipe Data/Factory Reset, kemudian tekan tombol daya untuk memilihnya. Jika proses sudah selesai, silahkan pilih Reboot system now dan smartphone kamu kembali dalam keadaan baru lagi.

Nah itulah beberapa cara membuka kunci HP yang lupa kata sandi yang paling ampuh sejauh ini. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan juga dapat membantu kamu pada saat lupa kata sandi smartphone.
Terimaksih sudah berkunjung.

2 comments for "Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Tanpa Factory Reset"