Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

STOP !! Memberikan Informasi ini Di Facebook, Bahaya !!

POJOK INFO - Banyak pengguna media sosial facebook yang memasang informasi data pribadi pada akunnya. Padahal hal ini adalah hal yang sangat berbahaya jika sampai orang jahat tau. Karena informasi informasi tersebut dapat dengan mudah dilihat juga di ambil oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan bisa juga di manfaatkan untuk melakukan tindak kejahatan. Agar kamu terhindar dari tindak kejahatan akibat informasi atau data pribadi yang ada di akun media sosial tersebut, maka harap berhati hati dalam memasang atau menuliskan informasi pribadi pada akun facebook juga profil facebookmu. Inilah beberapa informasi yang sebaiknya jangan di perlihatkan pada profil maupun dijadikan status facebook, karena akan mengundang tindak kejahatan.


1. Tanggal Lahir
Informasi pertama yang biasa di tampilkan pada profil akun facebook adalah tanggal lahir. Padahal informasi ini sangat penting, karena tanggal lahir biasanya mengandung nama dan tempat lahir (tinggal). Hanya berbekal tanggal lahir yang di ambil dari facebook, para penjahat cyber dapat dengan mudah mengakses rekening bank juga data pribadi anda.

2. Nomor Telepon
Informasi kedua yang biasa di cantumkan pada profil facebook adalah nomor telepon. Nomor telephone ini juga sangat penting, karena orang yang ingin bertindak kejahatan akan berusaha menghubungi kalian, biasanya modusnya pura pura salah sambung dan biasanya akan berusaha melanjutkan percakapan sampai mereka mendapatkan nama dan alamatmu.

3. Punya Banyak Teman
Memiliki banyak teman hingga 1000 lebih juga di rasa kurang aman, pasalnya para hacker biasanya menyerang akun facebook dengan sasaran yang memiliki banyak teman. Bertemanlah sewajarnya, kalau bias memiliki teman yang biasa mengajak chatting atau menulis apa pun di Facebook, karena hal ini akan menciptakan interaksi yang lebih sehat di media sosial.

4. Foto Masa Kecil
Memperlihatkan foto masa kecil atau anggota keluarga yang lain juga dapat membahayakan keselamatan pengguna Facebook ataupun medsos lain. Karena pengguna Internet sekarang ini dapat menculik, memeras atau meneror seseorang telah memunculkan kekhawatiran dan ketakutan.

5. Lokasi Sekolah Anak-anak
Menampilkan informasi sekolah anak juga dapat membahayakan anak kita. Karena para penjahat dapat menculik anak kita dengan berpura pura menjemput sang anak. Tak hanya itu saja, perhatikan juga untuk pelaku pedofil dan perdagangan anak karena dapat dengan mudah untuk menemukan alamat sekolah anak.

6. Lokasi Saat Ini
Banyak diantara pengguna facebook yang mengakses facebook hanya dari ponsel mereka. Nah ini berarti bahwa nomor mereka dapat menyiarkan lokasi secara online. Ini akan membuat gampang para penjahat yang ingin mengetahui lokasi pengguna tersebut.

7. Menyatukan Akun Pribadi dan Kerja
Facebook adalah media social yang seharusnya bersifat santai. Namun bagaimana jika manajer perusahaan tempat kita bekerja dapat membaca status yang seharusnya tidak boleh dibaca olehnya, apalagi jika status kalian sedang mengeluh tentang masalah pekerjaan.

8. Memberi Tanda Lokasi
Stop memberikan tanda lokasi baik lokasi rumah maupun keberadaan kalian di Facebook. Hal ini sama saja memberikan ruang untuk para penjahat mengetahui alamat kalian.

9. Pamer Sedang Berwisata
Banyak juga para wisatawan yang dirampok saat sedang berlibur, hal ini dapat terjadi mungkin karena pengguna tersebut banyak pamer tentang lokasi wisata.

10. Status Hubungan
Ada baiknya tidak usah merayakan status hubungan di Facebook. Bagusnya di rayakan di dunia nyata saja, karena hal itu akan lebih menyenangkan daripada menulisnya di Facebook. Perlu di ketahui bahwa merayakan status hubungan dapat mendatangkan bahaya juga mengundang orang lain cemburu, hal itu akan merusak hubungan kalian yang baru saja bersemi.

11. Data Kartu Kredit
Jangan sekali kali menyimpan data kartu kredit di Facebook, walaupun dengan alasan agar dapat mudah diingat saat akan belanja karena tinggal copy dan paste.

12. Foto Tiket Pesawat
Apakah kamu suka memposting foto tiket pesawat? Jika iya, mulai sekarang hentikan kebiasaan konyol ini. Perlu kalian ketahui bahwa barcode pada tiket pesawat itu bersifat unik untuk setiap penumpang. Apabila sampai ada orang jahat tau, barcode tersebut dapat digunakan untuk mencari informasi yang kalian berikan kepada perusahaan penerbangan lho.


Post a Comment for "STOP !! Memberikan Informasi ini Di Facebook, Bahaya !!"