Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi iPhone & iPad Overheat

Cara Mengatasi iPhone & iPad Overheat. Smartphone overheat atau panas menjadi problem paling utama pada banyak jenis Smartphone. hal seperti ini juga di alami pada iPhone dan iPad. Di mulai dari generasi iPhone 4 hingga yang terbaru saat ini, memang menggunakan desain dengan memakai material logam (terkecuali pada perangkat iPhone 5c).


Hal ini bertujuan untuk mengontrol suhu di dalam perangkat smartphone agar terhindar dari overheat. Namun ternyata hal tersebut tidaklah menjamin penggunaanya terhindar dari masalah overheat pada perangkat.

Beberapa hal yang menjadi penyebab overheat ini adalah seperti peningkatan suhu yang terlalu ekstrim, kesalahan dalam penggunaan yang “memaksa” smartphone bekerja terlalu keras, menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu . Masalah panas berlebih tidak bisa dipandang sebelah mata karena hal ini dapat beresiko merusak beberapa komponen seperti chip selular, flash kamera dan layar ponsel. Kamu dapat mengatasi dan mencegah overheat pada perangkat iPhone dan iPad, dengan beberapa hal berikut:

1. Charge iPhone sebelum bepergian ke tempat yang bersuhu panas


Jika ingin berpergian ke suatu tempat jangan lupa perhatikan kondisi tempat yang ingin dilewati, apakah suhunya bersahabat atau justru tempat tersebut sangat panas. Nah jika tempat tersebut panas, pastikan baterai iPhone terisi penuh sebelum pergi. Hal ini dapat minimalisir kita dalam melakukan charge di tempat yang panas, yang akan semakin menambah panas perangkat iPhone milikmu.

2. Matikan fitur yang tidak diperlukan


Banyak pengguna iPhone maupun iPad yang melakukan kesalahan dengan menggunakan perangkat tersebut dalam kondisi bluetooth masih aktif, padahal fitur bluetooth tersebut tidak digunakan. Jika ada kejadian yang seperti diatas maka matikan saja fitur tersebut. Kemudian aktifkan kembali jika ingin digunakan. Kemudian mengaktifkan koneksi data selular pada daerah yang tidak terjangkau signal, sebaiknya matikan saja, karena hal ini sangat baik untuk meminimalisir terjadinya overheat pada iPhone atau iPad.
  
3. Hindari main game berat sambil mengisi baterai


Menghindari bermain game yang berat akan menguras kemampuan hardware dan juga menguras banyak energi baterai. Maka dari itu hindari bermain game sambil mengisi ulang baterai, apalagi jika di tempat yang panas seperti terkena terik matahari, bisa juga saat di dalam mobil, pada saat macet di jalan karena hal ini sangat berbahaya untuk perangkat iPhone tersebut.

4. Jauhkan iPhone dan iPad dari benda bersuhu tinggi


Jika kamu biasa menumpukan iPhone dan powerbank yang sedang digunakan, maka mulai sekarang jangan lakukan lagi. Sebab panas yang dihasilkan oleh powerbank ditambah panas pada bagian bawah perangkat iPhone ketika di isi ulang, akan beresiko membuat perangkat overheat. Hindari juga meletakan iPhone pada tempat panas lainnya seperti diatas TV, dekat oven,dan lainnya.

5. Hapuslah aplikasi yang tidak support perangkat


Banyak aplikasi yang dibuat dengan dukungan yang minim untuk sebuah perangkat, dan yang terjadi nantinya adalah kinerja smartphone akan terasa sangat dipaksakan. Hal ini akan membuat perangkat nantinya cepat panas. Contohnya untuk yang suka bermain game dengan tingkat grafis tinggi, tetapi dimainkan pada perangkat lama seperti iPhone 3Gs atau pada iPad generasi pertama, maka sangat beresiko terjadinya overheat.

6. Jangan Tinggalkan iPhone di dalam mobil


Suhu panas yang di hasilkan oleh mobil yang tertutup rapat atau sedang diparkir pada teriknya matahari akan sangat berbahaya untuk perangkat iPhone. Oleh sebab itu sangat di sarankan untuk selalu mengecek barang yang kamu bawa ketika akan keluar dari mobil sehingga iPhone tidak ketinggalan di dalam mobil.

7. Peringatan ikon overheat pada layar


Segera pindahkan iPhone ke tempat yang lebih sejuk jika iPhone mengalami panas berlebih, hal ini di tandai dengan peringatan bergambar ikon kuning pada layar. Tempat yang sejuk atau yang udaranya normal seperti di depan kipas angin, tapi jangan AC karena khawatir menimbulkan embun.

Nah itulah beberapa tips cara mengatasi iphone & ipad overheat atau mengalami panas berlebih. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca.
Terima kasih sudah mau mampir kesini.

Post a Comment for "Cara Mengatasi iPhone & iPad Overheat"